Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Counter Multicasa TB. Gramedia Pandanaran Semarang

LATAR BELAKANG

Peran sistem informasi terhadap kemajuan organisasi sudah tidak diragukan lagi. Dengan dukungan sistem informasi yang baik maka sebuah perusahaan akan memiliki berbagai keunggulan kompetitif sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lain.
Pemanfaatan komputer sebagai alat kerja bantu, khususnya sebagai media pengolah data, baik yang berskala besar maupun skala kecil pun terus berkembang dengan pesat. Itu semua berkat kemajuan teknologi yang didorong oleh keinginan manusia untuk dapat melakukan pekerjaan dengan cepat, tepat dan aman. Namun kemajuan teknologi harus diimbangi juga dengan kualitas SDM sebagai user atau pengguna sistem informasi tersebut.
Akuntansi merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Dimana semua transaksi bisnis perusahaan dicatat didalamnya dan akan diolah menjadi laporan keuangan.
CV Multicasa adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan multimedia, hardware, komputer supplies, assesoris komputer, tinta dan office equipment. Dimana salah satu counter terbesar berada di TB. Gramedia Pandanaran Semarang. Namun demikian pengolahan data counter Multicasa masih menggunakan sistem secara manual, dimana data-data disimpan dalam bentuk buku dan kartu stock sehingga kurang begitu efektif dan efisien dalam proses pencarian datanya.
Oleh karena latar belakang tersebut penulis terdorong untuk menulis skripsi dengan judul ”SISTEM INFORMASI AKUNTANSI COUNTER MULTICASA TB.GRAMEDIA PANDANARAN SEMARANG”