SISTEM KOMPUTERISASI PERPUSTAKAAN DI SMP NEGERI 01 MRANGGEN

Sistem komputerisasi saat ini sangat berpengaruh dalam segala aspek kehidupan manusia, khususnya dalam bidang informasi. Mengingat sangat pentingnya sistem perpustakaan disebuah sekolah, maka sangat penting adanya penerapan sistem komputerisasi, sehingga dapat memudahkan dalam proses pengolahan data perpustakaan.
SMP NEGERI 01 MRANGGEN merupakan sekolah menengah tingkat pertama yang beralamat di Jl. Kembangarum Mranggen, Kabupaten Demak. SMP NEGERI 01 MRANGGEN mempunyai beberapa fasilitas yang mendukung dalam proses belajar mengajar, diantaranya perpustakaan, tempat olah raga, ruang komputer, ruang bahasa dan ruang ketrampilan.
SMP NEGERI 01 MRANGGEN saat ini mempunyai siswa yang berjumlah 900 murid yang terdiri dari kelas satu, dua dan tiga, dimana setiap kelas terdiri dari delapan ruangan. Setiap ruangan mempunyai murid sekitar 35 - 40 murid.
sedangkan jumlah karyawan perpustakaan berjumlah dua orang karyawan, yang terdiri dari satu orang pegawai sebagai petugas perpustakaan dan yang satunya sebagai koordinator perpustakaan. Sistem pendataan anggota, pencatatan transaksi peminjaman, dan pengembalian buku pada perpustakaan di SMP NEGERI 01 MRANGGEN sampai saat ini masih menggunakan sistem manual, yaitu pencatatan yang masih ditulis dan disimpan dalam bentuk arsip atau buku atau belum terformat secara otomatis. Sehingga tidak jarang terjadi kesalahan dalam pengolahan data, oleh karena itu perlu adanya sistem pengolahan data – data perpustakaan tersebut.
Kendala dari pendataan secara manual tersebut membuat perpustakaan SMP NEGERI 01 MRANGGEN mengalami masalah – masalah yang diantaranya lambat dalam pencarian data buku yang tersedia, lambat dalam pembuatan laporan, lamanya pencatatan buku-buku yang dipinjam dan kembali, karena harus membuka kembali buku peminjaman dan pengembalian satu per satu, sehingga memerlukan waktu dan tingkat ketelitian yang sangat tinggi.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis dalam menyusun laporan Tugas Akhir mengambil judul ”SISTEM KOMPUTERISASI PERPUSTAKAAN DI SMP NEGERI 01 MRANGGEN”.