SKRIPSI UNISBANK : SISTEM PENGENALAN WAJAH UNTUK PRESENSI KARYAWAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

Perkembangan ilmu komputer pada saat ini sangat cepat dan luas, baik hadware ataupun software. Salah satu cabang ilmu komputer yang sekarang termasuk paling berkembang adalah Artificial Intelligence (AI) sebagai contoh memprogram komputer agar bisa mengenali wajah seseorang. Teknologi yang dulu digunakan untuk absensi dalam perusahaan ini adalah masih menggunakan sistem kartu. Dengan menggunakan sistem kartu ini terdapat kelemahan yang diantaranya, kartu dapat dititipkan untuk mengisi daftar kedatangan (absensi) sedangkan karyawan tersebut tidak masuk kerja sehingga perusahaan dirugikan. Oleh karena itu, membutuhkan suatu sistem absensi yang lebih baik lagi yaitu menggunakan pendeteksi wajah.
Pembangunan sistem sesuai dengan metode waterfall yang dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu pengumpulan data, analisis permasalahan, perancangan proses, perancangan basis data, perancangan prosedur kerja, pengkodean dan diakhiri dengan penerapan sistem pada sistem absensi berdasrkan pengenalan wajah.
Dalam penulisan skripsi ini dibuat dengan tujuan agar kinerja dan produktivitas karyawan meningkat dan agar karyawan yang terlambat atau karyawan yang tidak masuk dapat terkontrol dengan baik.

Kata Kunci : Artificial Intelligence (AI), Deteksi Wajah, Visual basic
SKRIPSI UNISBANK